Belajar Jari Pintar Aritmatika

Beberapa waktu lalu seorang teman memperkenalkan saya pada suatu metode berhitung yang baru dan cukup unik. Tadinya saya kurang tertarik dengan metode ini, tapi ketika dikatakan bahwa metode berhitung dengan jari ini bisa menghitung hingga akar pangkat 2 & 3,  FPB, KPK, saya jadi penasaran. Masa iya sih hanya dengan jari kita bisa menghitung  hitungan-hitungan seperti itu….

Akhirnya saya coba mengikuti pelatihan ini karena saya pikir ini sangat menarik, hanya dengan jari tangan kita bisa menghitung berbagai perhitungan yang cukup rumit. Hal ini akan membantu membuat anak-anak lebih menyukai pelajaran matematika.

Pelatihan berlangsung dua hari dimana pada hari pertama diajarkan  pertambahan, pengurangan, dan perkalian. Kemudian di hari kedua diajarkan pembagian, akar pangkat 2 & 3, faktor prima, FPB dan KPK.

Wah, ternyata benar, dengan hanya menggunakan ke sepuluh jari kita, kita dapat menghitung semua hitungan-hitungan tersebut dengan cepat loh!

Dan hebatnya lagi metode ini memiliki berbagai cara untuk dipelajari oleh anak-anak. Dari yang tercepat, sampai yang termudah, sehingga metode ini bisa diajarkan bukan hanya kepada anak-anak yang memiliki intelejensi tinggi, tapi anak-anak yang “kurang cerdas” dapat mempelajari cara berhitung menggunakan tangan ini dengan mudah.

Saya pikir metode ini tidak kalah dengan metode berhitung dengan menggunakan sempoa, malah bisa dikatakan jauh lebih praktis karena tidak memerlukan alat. Biayanyapun relatif lebih terjangkau dibanding dengan kursus-kursus matematika yang lain.

Dengan metode ini, anak-anak akan memiliki kemampuan berhitung yang melebihi anak-anak lainnya disamping mereka juga akan menjadi lebih berani dan lebih menyukai matematika, karena metode ini mengacu pada belajar sambil bermain, tapi hasilnya BUKAN MAIN!

10 Balasan ke Belajar Jari Pintar Aritmatika

  1. nina yuliyanti mengatakan:

    Assl.
    Mba,belajar jari pintar dimana…saya jg jd pengen,untuk ngajarin sendiri ke- anak2. Trimakasih sebelumnya Mba…
    Wass.

    Nina

  2. nayl4 mengatakan:

    ‘alaykum salam…

    Kebetulan saya ikut pelatihan yg diadakan khusus bagi pengajar, mbak. Kalau mau belajar sendiri, bukunya ada kok dijual di toko2 buku….

    Wassalam

  3. ratna widayati mengatakan:

    Assl
    apa judul bukunya? apakah ada pelatian langsung di kota
    tangerang terutama di kota bumi
    wass

    • nayl4 mengatakan:

      Mbak Ratna, kalau yang pernah saya lihat di toko buku itu judulnya Aritmatika Jari Metode AHA, dan satu lagi judulnya kalau tdk salah JARIMATIKA. Sedangkan untuk yang menggunakan label ‘Jari Pintar Aritmatika’ bukunya hanya bisa didapatkan di tempat2 kursusnya saja. Agak beda sih caranya, tapi menggunakan media yang sama yaitu jari.

  4. puji yulianty mengatakan:

    ass,kalau saya tinggalx d depok,apa bsa ikut pelatihanx?mba ikut pelatihan dimana n biayax brp?

    • nayl4 mengatakan:

      Bisa aja mbak, cuma saya kurang tahu di depok adanya di sebelah mana… :) Saya dulu ikut pelatihan di daerah Cililitan.

  5. Ami mengatakan:

    Mba, Jari Pintar sama ngga ama Jarimatika ?
    Kalau ada beda tolong jelasin dong !

  6. luppi mengatakan:

    Cibubur dekat kelurahan ada, di depok II juga ada, utk lebih jelasnya hub bu nita 0817996***

  7. Alit mengatakan:

    Mbak tanya nich, istri saya pingin kut pelatihan jari pintar, kami tinggal di Bintara Loka Indah. Pelatihan yang bisa diikuti dimana ya….?

  8. kaysa mengatakan:

    Mbak Nayla, bisakah dikasih sedikit contoh (misalnya perkalian dg metode JPA) supaya kita lebih bisa mengetahui kehebatan metode ini,

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

